Minggu, 10 Februari 2013

Laporan Kerja Praktek (LKP) Bab I


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Kerja Praktek

Program kerja praktek merupakan salah satu kuliah wajib bagi mahasiswa Diploma III  (D3) yang penulis jalani pada Politeknik LP3I Medan. Penulis mengambil mata kuliah ini karena telah menyelesaikan beban SKS yang diwajibkan. Mata kuliah  ini juga penulis ambil karena merupakan bagian penting dari keseluruhan kurikulum yang berlaku dalam pembentukan sikap mental lulusan dengan orientasi spesialisasi dibidang yang digeluti.
Setiap mahasiswa dituntut agar memahami dan menguasai ilmu yang di dapat selama masa perkuliahan sesuai dengan program studi yang dimiliki sehingga dapat menerapkannya dan mahasiswa dapat mengetahui dunia kerja yang sebenarnya.
Kerja praktek ini penulis lakukan  pada PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa. Dalam proses Kerja Praktek ini berlangsung selama 58 (Lima Puluh delapan) hari kerja, 2 (dua) hari sakit, 2 (dua) hari Absen, dan 29 (dua puluh sembilan) hari Izin kerja di luar, dengan 5 (lima) hari kerja Outdoor di instansi Marketing Speedy Kantor Plasa Telkom.
B.       Ruang Lingkup Kerja Praktek
Di zaman globalisasi ini telekomunikasi telah memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, berkembangnya tekhnologi informasi telah membawa bangsa kita menuju era pasar bebas, terutama dalam bidang informasi dan komputerisasi.
PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa sebagai perusahaan telekomunikasi menyadari cepatnya pertumbuhan tekhnologi telekomunikasi dan informasi komputer, untuk itu PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa berusaha untuk membenahi diri terutama saat era perdagangan bebas seperti saat ini di mana kita bisa mengandalkan proteksi dari pemerintah untuk melindungi atau memberi fasilitas kepada perusahaan.
Instansi pemerintah dan perusahaan swasta sangat membantu mahasiswa Politeknik LP3I Medan dalam Melakukan Kerja Praktek di perusahaan atau kantor selama 58 (Lima Puluh delapan) hari kerja. Penulis mengambil tempat praktek pada kantor PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa, dengan harapan dapat memahami juga menemukan hal-hal baru tentang suasana dan gambaran dunia kerja yang sesungguhnya terutama dalam hal Administrasi dan Marketing.
C.      Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja Lapangan

1.         Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Adapun tujuan dari kerja Praktek adalah :
a)         Untuk memahami secara konkrit, pokok-pokok permasalahan/ topik yang di bahas dalam pengamatan penulis ditempat praktek kerja.
b)        Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap menghadapi suatu permasalahan serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengantisipasi kebutuhan dunia kerja yang trampil.
c)         Untuk dapat lebih mengerti dan memahami seluruh materi perkuliahan program Diploma III (D3) dengan mengimplikasikan teori dan praktek kepada pekerja yang sebenarnya di tempat kerja praktek. Kemudian merumuskan pengamatan kepada suatu karya ilmiah yang berbentuk Laporan Kerja Praktek.

2.         Manfaat Praktek Kerja Lapangan

Adapun manfaat dari pelaksanaan kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
a)         Agar penulis mendapat suatu pengetahuan yang baru yang belum pernah penulis dapatkan dibangku perkuliahan yaitu pengetahuan aplikasi teori kepada pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan.
b)        Agar penulis mempunyai motivasi, dedifikasi serta inisiatif pada pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan, pengetahuan yang didapat pada bangku perkuliahan, kemudian melaksanakannya ditempat kerja praktek.
c)         Agar dapat mengetahui secara langsung bagaimana cara kerja yang sebenarnya di perusahaan  keadaan serta sifat-sifat manager, pemimpin ditempat kerja praktek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar