BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Kerja Praktek
Program
kerja praktek merupakan salah satu kuliah wajib bagi mahasiswa Diploma
III (D3) yang penulis jalani pada
Politeknik LP3I Medan. Penulis mengambil mata kuliah ini karena telah
menyelesaikan beban SKS yang diwajibkan. Mata kuliah ini juga penulis ambil karena merupakan
bagian penting dari keseluruhan kurikulum yang berlaku dalam pembentukan sikap
mental lulusan dengan orientasi spesialisasi dibidang yang digeluti.
Setiap
mahasiswa dituntut agar memahami dan menguasai ilmu yang di dapat selama masa
perkuliahan sesuai dengan program studi yang dimiliki sehingga dapat
menerapkannya dan mahasiswa dapat mengetahui dunia kerja yang sebenarnya.
Kerja
praktek ini penulis lakukan pada PT.
Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer
Office Langsa. Dalam proses Kerja Praktek ini berlangsung
selama 58 (Lima Puluh delapan) hari kerja, 2 (dua) hari sakit, 2 (dua) hari Absen, dan 29
(dua puluh sembilan) hari Izin
kerja di luar, dengan 5 (lima) hari kerja Outdoor di instansi Marketing
Speedy Kantor Plasa
Telkom.
B.
Ruang Lingkup Kerja Praktek
Di zaman globalisasi ini telekomunikasi telah memegang peranan yang sangat
penting dalam kehidupan sehari – hari, berkembangnya tekhnologi informasi telah
membawa bangsa kita menuju era pasar bebas, terutama dalam bidang informasi dan
komputerisasi.
PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa
sebagai perusahaan telekomunikasi menyadari cepatnya pertumbuhan tekhnologi
telekomunikasi dan informasi komputer, untuk itu PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk
(TELKOM) Consumer
Office Langsa berusaha untuk membenahi diri terutama saat era
perdagangan bebas seperti saat ini di mana kita bisa mengandalkan proteksi dari
pemerintah untuk melindungi atau memberi fasilitas kepada perusahaan.
Instansi pemerintah dan perusahaan swasta sangat membantu mahasiswa
Politeknik LP3I Medan dalam Melakukan Kerja Praktek di perusahaan atau kantor
selama 58 (Lima Puluh delapan) hari kerja. Penulis mengambil tempat praktek
pada kantor PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Office
Langsa,
dengan harapan dapat memahami juga menemukan hal-hal baru tentang suasana dan
gambaran dunia kerja yang sesungguhnya terutama dalam hal Administrasi dan
Marketing.
C.
Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja Lapangan
1.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Adapun tujuan dari kerja Praktek adalah :
a)
Untuk memahami secara konkrit, pokok-pokok permasalahan/
topik yang di bahas dalam pengamatan penulis ditempat praktek kerja.
b)
Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap
menghadapi suatu permasalahan serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
mengantisipasi kebutuhan dunia kerja yang trampil.
c)
Untuk dapat lebih mengerti dan memahami seluruh materi
perkuliahan program Diploma III (D3) dengan mengimplikasikan teori dan praktek
kepada pekerja yang sebenarnya di tempat kerja praktek. Kemudian merumuskan
pengamatan kepada suatu karya ilmiah yang berbentuk Laporan Kerja Praktek.
2.
Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat dari pelaksanaan kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
a)
Agar penulis mendapat suatu pengetahuan yang baru yang
belum pernah penulis dapatkan dibangku perkuliahan yaitu pengetahuan aplikasi
teori kepada pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan.
b)
Agar penulis mempunyai motivasi, dedifikasi serta inisiatif
pada pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan, pengetahuan yang didapat pada
bangku perkuliahan, kemudian melaksanakannya ditempat kerja praktek.
c)
Agar dapat mengetahui secara langsung bagaimana cara
kerja yang sebenarnya di perusahaan
keadaan serta sifat-sifat manager, pemimpin ditempat kerja praktek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar