BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari di PT. Telekomunikasi
Indonesia.
Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa telah banyak menerapkan system komputerisasi sebagaimana yang telah digunakan di
perusahaan-perusahaan besar diluar negeri, baik dalam penggunaan
Aplikasi-aplikasi dengan Online atau Offline Internet, dan di perkantoran Perusahaan itu sendiri
juga menggunakan program Open Ofice.
Berdasarkan kerja
praktek yang penulis lakukan di PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa, penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.
Masyarakat
pada umumnya sangat membutuhkan dengan alat telekomunikasi dan internet pada zaman
teknologi ini. Khususnya
pembisnis dan perkantoran. Dari situlah sebuah efektifitas dan efesiensi dalam segala hal dapat terwujud.
2.
Masyarakat
sangat terbantu dengan alat Telepon dan Internet dari PT. Telekomunikasi
Indonesia.
Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa. Salah satunya kemudahan komunikasi
dalam pekerjaan mereka.
3.
Masyarakat
dapat merasakan teknologi internet di zaman globalisasi ini.
4.
Penulis
juga mendapatkan banyak pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku kuliah. Sehingga dapat membandingkan antara ilmu yang didapat
dengan pelaksanaan yang sebenarnya di lapangan.
KESIMPULAN PRAKTEK
PT. Telekomunikasi
Indonesia, Tbk (Telkom) adalah perusahaan pertama yang mengaplikasika program
kerja dengan computerisasi pekerjaan di Indonesia seperti penggunaan
aplikasi-aplikasi Intagjastel / payment adalah situs web yang di sediakan untuk
mempermudah menjadi tagihan yang tersimpan yang telah terhubung ke internet
jaringan komputer dengan cara membuka situs http//10.32.18.65/injagstel/payment
pada address, lalu jaringan memberikan tampilan untuk melakukan tahap
selanjutnya yaitu ussername dan password untuk dapat digunakannya. Sebelum
mengakses tagihan payment meminta perintah tuk melengkapi data yang akan di
akses seperti jartel, nama si penanya, alamat serta nomor si penanya.
Sedangkan E-coll adalah data yang telah di sediakan tuk menginformasikan
nomor telepon yang belum ataupun sudah lunas tagihan telepon. Situs E-coll
dapat di akses melalui adress pada internet explorer yaitu
http//10.32.18.65/e-coll maka akan muncul tap yang telah di sediakan, banyak
yang harus dilakuka pada situs ini, seperti reminding, call to do dan memilih
tap yang belum kontak. E-coll berfungsi mempermudah mencari mencari nomor
telepon yang telah tersimpan tanpa harus melihat catatan yang berbentuk buku
e-coll telah mencantumkan atau telah menyediakan nomor telepon yang harus di
hubungi dengan cepat dan praktis,
begitu juga dengan situs web yang lain seperti: evergreen/Destbord, SS
Reporting NAD/eS-Jus,
Retensi & Winback Speedy [RWS],
Customer Care PSB,
Customer Care FLEXI,
Monitor Speedy Gempar,
dan Dashboard DIVA
sebagaimana mimiliki fungsi-fungsi dan kegunaan masing-masing dalam
menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih efesien dan efektifitas sehingga dapat
tercapai kinerja yang semaksimal mungkin.
B. Saran
Berdasarkan kerja praktek yang penulis lakukan pada PT. Telekomunikasi
Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa, ada beberapa saran yang penulis sampaikan
antaranya:
1.
Diharapkan
agar Perusahaan lebih memperhatikan Kinerja Karyawan teknisi dilapangan supaya
dapat tercapai produktifitasnya yang
lebih baik.
2.
Agar
lebih ditingkatkan lagi pelayanan kepada Pelanggan dalam melakukan transaksi
pembayaran dan pelayanan calon Pelanggan dalam memberikan informasi tentang
pembayaran.
3.
Peningkatan
mutu SDM karyawan/ti melalui pelatihan_pelatihan secara berkesimambungan sesuai
dengan kondisi zaman.
4.
Peningkatan
Kepedulian terhadap keluhan-keluhan pelanggan dengan penanggulangan secara
cepat.
Demikianlah laporan ini kami ciptakan untuk dapat melengkapi hasil Praktek
Kerja Lapangan (PKL). Di dalam isi laporan kami ini masih banyak kekurangan dan
kesalahan, untuk itu kami meminta maaf dan menerima kritik maupun saran untuk
menciptakan laporan lebih baik kelengkapannya.
Kami mahasiswa/i LP3I Business College Langsa yang melaksanakan Prakek
Kerja Lapangan (PKL) di PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM)
Consumer
Office Langsa, mohon maaf kepada pembimbing apabila ada yang
kurang berkenang di hati selama PKL ini
berlangsung
Akhir kata
kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar