Jumat, 08 Februari 2013

Laporan Praktek Lapangan (LKP) Bab IV


BAB IV
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari di PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa telah banyak menerapkan system komputerisasi sebagaimana yang telah digunakan di perusahaan-perusahaan besar diluar negeri, baik dalam penggunaan Aplikasi-aplikasi dengan Online atau Offline Internet, dan  di perkantoran Perusahaan itu  sendiri  juga menggunakan program Open Ofice.
 Berdasarkan kerja praktek yang penulis lakukan di PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa, penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.    Masyarakat pada umumnya sangat membutuhkan dengan alat telekomunikasi dan internet pada zaman teknologi ini. Khususnya pembisnis dan perkantoran. Dari situlah sebuah efektifitas dan efesiensi dalam segala hal dapat terwujud.
2.    Masyarakat sangat terbantu dengan alat Telepon dan Internet dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa. Salah satunya kemudahan komunikasi dalam   pekerjaan mereka.
3.    Masyarakat dapat merasakan teknologi internet di zaman globalisasi ini.
4.    Penulis juga mendapatkan banyak pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku kuliah. Sehingga dapat membandingkan antara ilmu yang didapat dengan pelaksanaan yang sebenarnya di lapangan.

KESIMPULAN PRAKTEK
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) adalah perusahaan pertama yang mengaplikasika program kerja dengan computerisasi pekerjaan di Indonesia seperti penggunaan aplikasi-aplikasi Intagjastel / payment adalah situs web yang di sediakan untuk mempermudah menjadi tagihan yang tersimpan yang telah terhubung ke internet jaringan komputer dengan cara membuka situs http//10.32.18.65/injagstel/payment pada address, lalu jaringan memberikan tampilan untuk melakukan tahap selanjutnya yaitu ussername dan password untuk dapat digunakannya. Sebelum mengakses tagihan payment meminta perintah tuk melengkapi data yang akan di akses seperti jartel, nama si penanya, alamat serta nomor si penanya.
Sedangkan E-coll adalah data yang telah di sediakan tuk menginformasikan nomor telepon yang belum ataupun sudah lunas tagihan telepon. Situs E-coll dapat di akses melalui adress pada internet explorer yaitu http//10.32.18.65/e-coll maka akan muncul tap yang telah di sediakan, banyak yang harus dilakuka pada situs ini, seperti reminding, call to do dan memilih tap yang belum kontak. E-coll berfungsi mempermudah mencari mencari nomor telepon yang telah tersimpan tanpa harus melihat catatan yang berbentuk buku e-coll telah mencantumkan atau telah menyediakan nomor telepon yang harus di hubungi dengan cepat dan praktis, begitu juga dengan situs web yang lain seperti: evergreen/Destbord, SS Reporting NAD/eS-Jus, Retensi & Winback Speedy [RWS], Customer Care PSB, Customer Care FLEXI, Monitor Speedy Gempar, dan Dashboard DIVA sebagaimana mimiliki fungsi-fungsi dan kegunaan masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih efesien dan efektifitas sehingga dapat tercapai kinerja yang semaksimal mungkin.
B.      Saran
Berdasarkan kerja praktek yang penulis lakukan pada PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa, ada beberapa saran yang penulis sampaikan antaranya:
1.    Diharapkan agar Perusahaan lebih memperhatikan Kinerja Karyawan teknisi dilapangan supaya dapat tercapai produktifitasnya  yang lebih baik.
2.    Agar lebih ditingkatkan lagi pelayanan kepada Pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pelayanan calon Pelanggan dalam memberikan informasi tentang pembayaran.
3.    Peningkatan mutu SDM karyawan/ti melalui pelatihan_pelatihan secara berkesimambungan sesuai dengan kondisi zaman.
4.    Peningkatan Kepedulian terhadap keluhan-keluhan pelanggan dengan penanggulangan secara cepat.
Demikianlah laporan ini kami ciptakan untuk dapat melengkapi hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL). Di dalam isi laporan kami ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu kami meminta maaf dan menerima kritik maupun saran untuk menciptakan laporan lebih baik kelengkapannya.
Kami mahasiswa/i LP3I Business College Langsa yang melaksanakan Prakek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk (TELKOM) Consumer Office Langsa, mohon maaf kepada pembimbing apabila ada yang kurang berkenang di hati selama PKL  ini berlangsung
Akhir kata kami ucapkan terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar