Minggu, 10 Februari 2013

Laporan Praktek Kerja (LKP) Bab III

BAB III
PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK
A.           Jenis dan Bentuk Kerja Praktek
Penulis melaksanakan kegiatan kerja praktek di PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa. selama 58 (Lima Puluh delapan) hari kerja, 2 (dua) hari sakit, 2 (dua) hari Absen, dan 29 (dua puluh sembilan) hari Izin Kerja dan dengan 5 (lima) hari kerja Outdoor di instansi Marketing Speedy Kantor Plasa Telkom mulai tanggal 13 September 2011 sampai 13 Januari 2012 setiap hari senin sampai dengan hari jum’at, dan libur selama sebulan. pada hari pertama penulis diterima oleh Ibu Meri Nofianti Sekretaris PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa. dan Bapak Amri Efendi manager Plasa PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa.
Kegiatan dilakukan selama penulis melaksanakan kerja praktek PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa, Tepatnya di bagian Customer Care  Langsa adalah:
Pembahasan
1.             Pengarsipan Data Pelanggan
            Map data pelanggan telpon/Speedy yang akan di arsipkan kedalam lemari Arsip sebelumnya haruslah di catat dalam Log Book terlebih dahulu. Log Book ialah kertas/ buku untuk mencatat map data pelanggan telpon/Speedy seperti nomor telpon , alamat pelanggan, nama pelanggan , dll.
            Selain itu, map data pelayanan juga harus dicek kelengkapan berkasnya. Apakah sudah terdapat keterangannya wadjib di isi seperti tanda tangan , materai Rp.6000, KTP pelanggan,  dll. Jika lengkap, barulah di beri tanda pada map seperti paraf. Lalu dapat dimasukan kedalam lemari Arsip yang telah di sediakan.
            Map data pelanggan di susun berdasarkan Nomor Telpon Yang sudah di urutkan. Hal ini dimaksudkan agar bila kita ingin mencari kembali data terdsebut, kita tidak akan kesulitan mencarinya.
2.             Pencatatan data pelanggan Speedy dan Telepon
            Map data pelanggan Speedy dicatat dalam Log Book sesuai dengan bulan permohonan pelanggan. Didalam Log Book dicatat Keterangan seperti No. Urut masuknya map, No. Telpon pelanggan, No. Speedy pelanggan, proses bisnis, paket yang dinginkan, alamat pelanggan, kelengkapan berkas, paraf, dan keterangan lainnya.
3.             Penyusunan  Berita Acara Restitusi
            Penyusunan berkas-berkas berita acara disusun berdasarkan kelompoknya masing-masing seperti Speedy, Telpon, dan paket tagihan tetap. Kemudian disusun dalam map yang berbeda berdasarkan kategori masing-masing dan berkas disusun berdasarkan tanggal termuda dan bulan termuda di letakkan di bagian paling bawah map berkas.
4.             Out Bond Pelanggan
            Kegiatan ini bertujuan untuk mengimformasikan kepada pelanggan mengenai jumlah tagihan Telpon dan Speedy Untuk melakukan praktek ini, pertama kita membutuhkan 2 data yaitu data para pelanggan yang menunggak tagihan dan juga data jumlah tagihan tersebut. Untuk data pertama, kita bisa mendapatkannya dari List yang telah diberikan oleh pembimbing maupun melalui situs E-Call.
5.             Evergreen
     Aplikasi ini bertujuan mencari dan mengisi data palangan telepon pada tabel scheme jika sudah menggunakan Speedy atau Flexi diisi Gruoping dan jika tidak single dari data aplikasi e-payment
6.             Speedy

1. Chat

2. Load

3. Socialia

4. Biz

5. Executive

6. Mail

Kegiatan dilakukan selama penulis melaksanakan kerja praktek PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa, Tepatnya di bagian Customer Care Telkom adalah:
1.         Pelayanan
      Melayani pelangan calon Pelanggan dalam permohonan Pembayaran dan penangan keluhan Pelanggan.
2.         Komputerisasi
a)         membuat laporan mingguan PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa.
b)        Pengunaan Aplikasi-Aplikasi seperti :
(1)  E- Info Payment.
·         Kegunaan Aplikasi E- Info Payment adalah Untuk melihat data-data pelanggan dan jumlah tunggakan tagihan pelanggan
 Gambar 3.1 Aplikasi E-Payment PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)
(2)  Dashboard DIVA
·         Kegunaan Aplikasi Dashboard DIVA adalah untuk melihat data jumlah sales telepon dan speedy perbulan & per area.
 Gambar 3.2 Aplikasi Dashboar DIVA  PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)

(3)  Monitor Speedy Gempar
·         Kegunaan Aplikasi Monitor Gempar adalah untuk melihat usage Speedy pelanggan
 Gambar 3.3 Aplikasi Speedy Gempar PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)

(4)  Customer Care FLEXI
·         Kegunaan Aplikasi Customer Care FLEXI adalah untuk mengaktivasi permintaan creat pelanggan FLEXI.
 Gambar 3.4 Aplikasi CC FLEXI PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)
(5)  Customer Care PSB
·         Kegunaan Customer Care PSB untuk mengaktivasi permintaan creat pelanggan FLEXI sama dangan kegunaan CCF.
 Gambar 3.5 Aplikasi CC PSB PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)

(6)  Retensi & Winback Speedy [RWS]
·         Kegunaan Aplikasi RWS adalah segbagai monitoring retensi dan winback pign.
 Gambar 3.6 Aplikasi RWS PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)

(7)  SS Reporting NAD/eS-Jus
·         Kegunaan Aplikasi eS-Jus adalah untuk monitoring pelanggan-pelanggan yang akan di Outbond Call.
 Gambar 3.7 Aplikasi ES-JUS PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  Kancatel Langsa
                                                       Sumber : Meri Nofianti (2011)
3.    Survey
            Mensurvey  calon pelangan yang memohon pemasangan Speedy serta kelayakan pemakaiannya.
4.    Bimbingan
            Menjelaskan Calon pelangan atau pelangan yang berminat dan berkepentingan dalam produk pemakaian Telepon dan Internet Speedy.
5.    Keputusan Penilaian
a)         Menentukan keputusan  penilaian calon Pelanggan yang memenuhi syarat.
b)        Melakukan  penjyuitaan Perjanjian materai Rp 6000 jaminan yang bermasalah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.
B.            Prosedur Kerja Praktek
-       Waktu tempat pelaksanaan waktu praktek kerja lapangan
       Waktu pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) adalah mulai dari tanggal 13  September 2011 sampai dengan 13 Januari 2012. praktek kerja lapangan (PKL) di PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa di mulai dari jam 08.00 wib – 16.30 wib. Yang terdapat jam istirahat 12.00 -14.00 wib.
Adapun tempat pelaksanaan praktek praktek kerja lapangan (PKL) PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa. Tepat nya di jl. Aceh Kongsi, Langsa Kota. selama praktek kerja lapangan (PKL) penulis di tempat kan sebagai;
-  Mengoprasikan komputer
       Mengerjakan tugas harian yang di berikan dengan mengetik dan mengeprin data-data yang di berikan serta mencari data-data tertentu
-  Menghubungi pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Langsa
       Menghubungi beberapa pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk (Telkom) Consumer Office Langsa yang menunggak tagihan Speedy dan Telepon, dengan  menanyakan kapan sekiranya pelanggan tersebut dapat menyelesai kan administrasi/pembayaran tagihan speedy dan telpondi bulan-bulan tertentu.
-  Memeriksa surat
       Memeriksa surat-surat perjanjian pelanggan speedy dan telpon, sebagai bentuk pengesahan kontrak yang mengikut sertakan hukum, apabila ada kesalahan di kemudian hari  tunggakan-tunggakan di bulan tertentu. Serta mengirimkan surat tersebut ke alamat yang tertera di dlm surat tersebut.
-  Mencari data pelanggan Speedy dan Telepon
       Dalam mencari data tagihan tunggakan spedy dan telpon penulis mengunakan aplikasi yang sudah tersedia yaitu E-info payment. Di dlm aplikasi ini terdapat data-data pelanggan yang menggunakan jasa layanan Speedy dan Telepon. Mulai dari  jumlah tagihan, bulan, tanggal dan tahun beserta juga alamat si pengguna .
-   Menyusun berkas-berkas  
       Memeriksa, menyusun serta memilah-milah berkas-berkas pelanggan spedy dan telpon secara teratur. Setelah itu di susun secara urutan di lemari penyimpanan dengan hati yang tulus dan ikhlas
-          Kegiatan lain
Melaksanakan senam pagi rutin setiap hari jum’at pagi, dan dilanjutkan tausiah/pengjian agama  di sore harinya, selama dua kali dalam sebulan. Shalat Asar berjama’ah bersama karyawan sebelum pulang PKL.
            Prosedur Kerja Praktik yang penulis laksanakan sesuai dengan bentuk kegiatan yang telah penulis jelaskan sebelumnya, dimana penulis berkewajiban untuk melaksanakan seluruh proses selayaknya sebagai operator mulai dari tahap pengarsipan data pelanggan sampai ke tahap pemanggilan pelanggan yang telah di telepon dan di catat.
            Berdasarkan prosedur tersebut, penulis melaksanakan kegiatan kerja praktik yang kemudian diagendakan ke dalam Agenda Kegiatan Harian penulis selama kerja praktik tersebut dilakukan. Uraian pekerjaan dalam Agenda Kegiatan Harian ini, Penulis jadikan sebagai sumber informasi/gambaran kegiatan yang penulis lakukan sehari-hari dalam penyusunan Laporan Kerja Praktik Penulis.
Menguraikan tentang kegiatan kerja praktek (berdasarkan agenda harian) selama kerja praktek dilakukan. Adapun bentuk agenda harian kerja praktek adalah sebagai berikut:
AGENDA HARIAN
KERJA PRAKTEK MAHASISWA/I
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS
KOSENTRASI OFFICE MANAJEMEN
Nama                            : M u h a m m a d
NPM                             : 09512023
Tempat Kerja Praktek   : PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Consumer Office Langsa
Tabel 3.1 Absen Agenda Harian PKL
Hari
Tanggal
Uraian Pekerjaan
Paraf Kepala Bagian/
Unit/Devisi
Ket
Selasa
13/09/2011
Plasa Telkom:
ü  Merekap Data Speedy ke logbook Bln. Jan S/D Maret 2011


Rabu
14/09/2011
Plasa Telkom:
ü  Merekap Data Speedy ke Logbook  Bln. April S/D Mei 2011


Kamis
15/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  Merekap Data Speedy ke Logbook Bln. Mei S/D Juni 2011


Jumat
16/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mengurut, Mencari Dan Menyimpan ke Arsip Bln. April S/D Mei 2011


Sabtu
17/09/2011
Hari Libur…


Minggu
18/09/2011
Hari Libur…


Senin
19/09/2011
Customer Care & Plasa Telkom:
ü  Memeriksa, Mengelompokan, Mengurut, Mencatat, Mencari, Dan Menyimpan Arsip Bln. Juli S/D Agustus 2011


Selasa
20/09/2011
Plasa Telkom:
ü  Internetan Mencari Data Tetang PT.Telkom


Rabu
21/09/2011
Customer Care & Plasa Telkom:
ü  Menperbaiki Arsip Yg Tdk Teratur
ü  Penawaran Promo Modem Speedy Paket Guru & Dosen Ke Sekolah-Sekolah & Perkantoran Di Kec. Sungai Iyu, K. Simpang


Kamis
22/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  Penawaran Promo Modem Speedy Paket Guru & Dosen Ke Sekolah-Sekolah & Perkantoran Di Kec. Sungai Iyu & Upah, K. Simpang


Jumat
23/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  E-Payment, Menginput Menual Hasil Caring Nomor Speedy & Mengecek Tagihan Yang Sudah Bayar Atau Yang Belum Bayar S/D Bln. September 2011


Sabtu
24/09/2011
Hari Libur…


Minggu
25/09/2011
Hari Libur…


Senin
26/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  E-Payment: Menginput Menual Hasil Caring Nomor Speedy & Mengecek Tagihan Yang Sudah Bayar Atau Yang Belum Bayar S/D Bln. September 2011


Selasa
27/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  E-Payment: Menginput Menual Hasil Caring Nomor Speedy & Mengecek Tagihan Yang Sudah Bayar Atau Yang Belum Bayar S/D Bln. September 2011


Rabu
28/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  Merekap Data-Data Pencabutan Telpon Dan Speedy Bulan Mey S/D 8 Juni Ke Dalam Buku Loog-Book Telkom


Kamis
29/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  Merekap Data-Data Pencabutan Telpon Dan Speedy Bulan Juli s/d Agustus Ke Dalam Buku Look-Book Telkom.
ü  Penyimpanan Berkas Data Migrasi Paket Speedy Bulan Mey S/D Agustus


Jumat
30/09/2011
Customer Care/Adm:
ü  Penyimpanan Berkas No_Telpon & Speedy Ke Arsip, Dan Mencari No_Telpon Yang Tdk Tercatat Pada Berkas Speedy


Sabtu
01/10/2011
Hari Libur…


Minggu
02/10/2011
Hari Libur…


Senin
03/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mencari No_Telpon Yang Sudah Atau Belum Bayar Dengan Program Aplikasi e-payment Telkom.


Selasa
04/10/2011
Customer Care:
-


Rabu
05/10/2011
Customer Care/Adm:
-


Kamis
06/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Merekap Data-Data Pencabutan Telepon Dan Speedy Bulan September Ke Dalam Buku Loog-Book Telkom


Jumat
07/10/2011
Izin


Sabtu
08/10/2011
Hari Libur…


Minggu
09/10/2011
Hari Libur…


Senin
10/10/2011
Customer Care/Adm:
 -


Selasa
11/10/2011
Customer Care/Adm:
 -


Rabu
12/10/2011
Customer Care/Adm:


Kamis
13/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  MembuatBrosur Pengumuman Pertandingan Volly Ball Menyambut Hut Perusahaan,


Jumat
14/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mengikuti Acara Pertandingan Volly Ball,
ü  pengajian bersama karyawan Telkom


Sabtu
15/10/2011
Hari Libur…


Minggu
16/10/2011
Hari Libur…


Senin
17/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Belajar Membuat Laporan Mingguan PT Telkom


Selasa
18/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Belajar Membuat Laporan Mingguan PT Telkom
ü  Membukuskan brosur speedy yang akan dikirim kekantor Plaza Telkom lain.


Rabu
19/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Belajar Membuat Laporan Mingguan PT Telkom


Kamis
20/10/2011
Customer Care:
-


Jumat
21/10/2011
Customer Care/Adm:
-


Sabtu
22/10/2011
Hari Libur…


Minggu
23/10/2011
Hari Libur…


Senin
24/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mendonwload Data-data Dari Aplikasi Untuk Membuat Laporan Mingguan PT Telkom


Selasa
25/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Menyelesaikan Laporan Mingguan PT Telkom Bulan Oktober


Rabu
26/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mencatat Data-Data Dalam Berkas Speedy & Telepon Ke Log Book,
ü  Menelpon Ke No Pelangan Telpon Data Dari Aplikasi ( E-Just/Calling) Untuk  Menawarkan Paket Speedy


Kamis
27/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Memasukan Berkas Kedalam lemari  Arsip
ü  Menelpon Ke No Pelangan Telpon Data Dari Aplikasi ( E-Just/Calling) Untuk  Menawarkan Paket Speedy


Jumat
28/10/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mendonwload Data Dari Aplikasi Untuk Membuat Laporan Mingguan PT Telkom Bulan Oktober


Sabtu
29/10/2011
Hari Libur…


Minggu
30/10/2011
Hari Libur…


Senin
31/10/2011
Customer Care:
Cuti Bersama Libur Lebaran


Selasa
01/11/2011
Izin Pulkam


Rabu
02/11/2011
Izin Pulkam


Kamis
03/11/2011
Customer Care/Adm:
-


Jumat
04/11/2011
Customer Care/Adm:
-


Sabtu
05/11/2011
Hari Libur…


Minggu
06/11/2011
Hari Libur…


Senin
07/11/2011
Customer Care/Adm:
-


Selasa
08/11/2011
Izin

kerja
Rabu
09/11/2011
Izin

kerja
Kamis
10/11/2011
Izin

kerja
Jumat
11/11/2011
Izin

kerja
Sabtu
12/11/2011
Hari Libur…

kerja
Minggu
13/11/2011
Hari Libur…

kerja
Senin
14/11/2011
Izin

kerja
Selasa
15/11/2011
Izin

kerja
Rabu
16/11/2011
Izin

kerja
Kamis
17/11/2011
Izin

kerja
Jumat
18/11/2011
Izin

kerja
Sabtu
19/11/2011
Hari Libur…

kerja
Minggu
20/11/2011
Hari Libur…

kerja
Senin
21/11/2011
Izin

kerja
Selasa
22/11/2011
Izin

kerja
Rabu
23/11/2011
Izin

kerja
Kamis
24/11/2011
Izin

kerja
Jumat
25/11/2011
Izin

kerja
Sabtu
26/11/2011
Hari Libur…

kerja
Minggu
27/11/2011
Hari Libur…

kerja
Senin
28/11/2011
Izin

kerja
Selasa
29/11/2011
Izin

kerja
Rabu
30/11/2011
Izin

kerja
Kamis
01/12/2011
Izin

kerja
Jumat
02/12/2011
Izin

kerja
Sabtu
03/12/2011
Hari Libur…

kerja
Minggu
04/12/2011
Hari Libur…

kerja
Senin
05/12/2011
Izin

kerja
Selasa
06/12/2011
Izin

kerja
Rabu
07/12/2011
Izin

kerja
Kamis
08/12/2011
Izin

kerja
Jumat
09/12/2011
Izin

kerja
Sabtu
10/12/2011
Hari Libur…

kerja
Minggu
11/12/2011
Hari Libur…

kerja
Senin
12/12/2011
Izin

kerja
Selasa
13/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Evergreen, mencari data pelangan dari e-payment jika sudah mengguna kan paket speedy dan lainnya maka pada tebel scheme di aplikasi evergreen diisi grouping dan jika Cuma telepon saja di isi single


Rabu
14/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Evergreen: mencari data pelangan dari e-payment jika sudah mengguna kan paket speedy dan lainnya maka pada tebel scheme di aplikasi evergreen diisi grouping dan jika Cuma telepon saja di isi single,
ü  E-Payment: Menginput, Mengecek Tagihan Yang Sudah Bayar Atau Yang Belum Bayar S/D Bln. Des 2011


Kamis
15/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Evergreen, mencari data pelangan dari e-payment jika sudah mengguna kan paket speedy dan lainnya maka pada tebel scheme di aplikasi evergreen diisi grouping dan jika Cuma telepon saja di isi si


Jumat
16/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Evergreen, mencari data pelangan dari e-payment jika sudah mengguna kan paket speedy dan lainnya maka pada tebel scheme di aplikasi evergreen diisi grouping dan jika Cuma telepon saja di isi single


Sabtu
17/12/2011
Hari Libur…


Minggu
18/12/2011
Hari Libur…


Senin
19/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Memeriksa map Kelengkapan Berkas Speedy & Telepon Bulan Desember


Selasa
20/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mengentri Berkas Data Speedy & Telepon Ke Program Open Office Excel Bulan Desember


Rabu
21/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Menyimpan Berkas Speedy & Telepon Ke lemari Arsip Bulan Desember


Kamis
22/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Menyimpan Berkas Speedy & Telepon Ke lemari Arsip Bulan Desember


Jumat
23/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Senam pagi, mengikuti pengajian/ Tausiah agama


Sabtu
24/12/2011
Hari Libur…


Minggu
25/12/2011
Hari Libur…


Senin
26/12/2011
Izin


Selasa
27/12/2011
Izin


Rabu
28/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Memeriksa map Kelengkapan Berkas Speedy & Telepon Bulan Desember


Kamis
29/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mengentri Berkas Data Speedy & Telepon Ke Program Open Office Excel Bulan Desember


Jumat
30/12/2011
Customer Care/Adm:
ü  Mengentri Berkas Data Speedy & Telepon Ke program Open Office excel Bulan Desember


Sabtu
31/12/2011
Hari Libur…


Minggu
01/01/2012
Hari Libur…


Senin
02/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Menyimpan Map Berkas Speedy & Telepon Ke Lemari Arsip Bulan Desember 2011


Selasa
03/01/2012
Sakit


Rabu
04/01/2012
Sakit


Kamis
05/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Mencari Data Pelangan Yang Belum Bayar Bulan Desember Dgn Aplikasi E-Payment


Jumat
06/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Memeriksa Map Kelengkapan Berkas Speedy & Telepon Bulan Nov & Des 2011,
ü  pengajian/ Tausiah agama


Sabtu
07/01/2012
Hari Libur…


Minggu
08/01/2012
Hari Libur…


Senin
09/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Mengetik Data Telepon Dari Log-book Ke program Open Office excel Bulan Januari S/D Mai


Selasa
10/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Mengetik Data Telepon Dari Log-book Ke program Open Office excel Bulan Jun S/D Nov 2011


Rabu
11/01/2012
Alpa


Kamis
12/01/2012
Alpa


Jumat
13/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Memeriksa Map Kelengkapan Berkas Speedy & Telepon Bulan Nov & Des 2011 & Jan 2012, Senam Pagi.


Sabtu
14/01/2012
Hari Libur…


Minggu
15/01/2012
Hari Libur…


Senin
16/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Menyimpan Map Berkas Speedy & Telepon Kelemari Arsip Bulan Des 2011,
ü  Memeriksa Map Kelengkapan Berkas Speedy & Telepon Bulan Des 2011 & Jan 2012


Selasa
17/01/2012
Customer Care/Adm:
ü  Memeriksa Map Kelengkapan Berkas Speedy & Telepon Bulan Des 2011 & Jan 2012


Sumber : Meri Nofianti (2011) PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk  CO Langsa

C.           Kendala-Kendala yang Dihadapi
Dalam setiap melakukan pekerjaan, sudah pasti kita akan menemukan hambatan_hambatan maupun permasalahan yang ada didalam pekerjaan terssebut.selama melakukan kerja praktek di PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Care Langsa, penulis banyak mengalami kendala-kendala yang dihadapi baik secara teori maupun pengerjaannya langsung.
Adapun kendala_kendala yang di hadapi pada saat kerja praktek adalah:
1.         Pada awal kerja praktek penulis sulit untuk beradaptasi dengan situasi lingkungan kerja karna belum mengetahui prosedur kerja dan peraturan_peraturan yang berlaku di PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Care Langsa.
2.         Pada saat pertama kali melakukan kerja praktek, penulis belum mengetahui apa yang harus dikerjakan PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk (TELKOM) Consumer Care Langsa.
D.           Upaya - upaya yang Dilakukan dalam Pemecahan Masalah
            Dimana pun kita berada pasti tidak luput dari masalah, akan tetapi kita selalu berusaha yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Begitu juga halnya dengan penulis, ketika menghadapi masalah_masalah/kendala_kendala selama melakukan kerja praktek.
Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh penulis dalam memecahkan suatu permasalahan atau kendala yang timbul adalah:
1.         Bersosialisasi terhadap lingkungan kerja dimana penulis ditempatkan pada saat melakukan kerja praktek yang lebih mengenal karyawan/I yang ahli bekerja di tempat penulis praktek.
2.         Banyak bertanya kepada karyawan/I tempat kerja praktek dilakukan sehingga penulis secara mudah memahami pekerjaan dan mengaplikasikannya.
3.         penulis juga berinteraksi antar sesama karyawan/I guna memotivasi dalam bekerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar